Kali ini kita akan membuat sebuah karakter yang dapat melompat, bergerak ke kanan ke kiri, dan juga memukul. Tutorial ini cocok untuk anda yang mau membuat game fighting. Tutorial di bawah ini hanya bentuk dasarnya saja. Anda dapat mengubah karakter ataupun scriptnya sehingga menjadi lebih bagus
1. Buatlah sebuah lingkaran (digunakan sebagai badan). Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukkan pemain sebagai Name dan Movie clip sebagai Type lalu tekan OK.
Lingkaran yang berfungsi sebagai badan
5. Ubah nama-nama layer selain layer badan menjadi AS, label, tangan kanan, tangan kiri.
6. Ubah letak masing-masing layer menjadi seperti gambar di bawah ini:
Tampilan timeline di movie clip pemain
8. Klik kanan frame 2 layer label dan pilih Insert Blank Keyframe. Seleksi frame 2 layer label ini dan tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel properties. Masukkan kanan sebagai Frame Label pada panel properties.
10. Klik kanan frame 12 layer label dan pilih Insert Frame.
11. Klik frame 1 layer tangan kanan agar anda aktif di layer tersebut, lalu buatlah sebuah lingkaran kecil (digunakan sebagai tangan) di stage. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Masukkan tangan sebagai Name dan Movie clip sebagai Type dan tekan OK.
Lingkaran yang berfungsi sebagai tangan
12. Letakkan movie clip tersebut seperti gambar di bawah ini:Letak tangan kanan pertama
13. Klik kanan frame 2 layer tangan kanan dan pilih Insert Keyframe.14. Klik kanan frame 8 layer tangan kanan dan pilih Insert Keyframe.
Letak tangan kanan kedua
16. Klik kanan frame 2 layer tangan kanan dan pilih Create Motion Tween.17. Klik kanan frame 12 layer tangan kanan dan pilih Insert Frame.
18. Klik frame 1 layer tangan kiri agar anda aktif di layer tersebut, lalu bukalah panel Library dengan menekan Ctrl+L. Drag movie clip tangan di panel Library ke stage.
Letak tangan kiri pertama
20. Klik kanan frame 2 layer tangan kiri dan pilih Insert Keyframe.21. Klik kanan frame 8 layer tangan kiri dan pilih Insert Keyframe.
Letak tangan kiri kedua
23. Klik kanan frame 8 dan pilih Create Motion Tween.Membuat Scriptnya
24. Klik frame 1 layer AS dan tekan F9. Pada kotak actions yang muncul masukkan script berikut:
1 2 | //hentikan animasi di frame ini stop(); |
1 2 | //pindah ke frame 1 gotoAndStop(1); |
1 2 | //pindah ke frame 1 gotoAndStop(1); |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 | //membuat variable melompat dengan nilai false melompat = false; //membuat variable loncatan dengan nilai 30 loncatan = 30; //membuat variable gravitasi dengan nilai 6 gravitasi = 6; //membuat variable batasAtas dengan nilai 150 batasAtas = 150; pemain.onEnterFrame = function() { //jika tombol panah kanan pada keyboard ditekan if (Key.isDown(Key.RIGHT)) { //skala movie clip ini bernilai 100 this._xscale = 100; //koordinat x movie clip ini ditambah 10 (bergerak ke kanan) this._x += 10; } //jika tombol panah kiri pada keyboard ditekan if (Key.isDown(Key.LEFT)) { //skala movie clip ini bernilai -100 this._xscale = -100; //koordinat x movie clip ini dikurangi 10 (bergerak ke kiri) this._x -= 10; } //jika tombol panah atas pada keyboard ditekan if (Key.isDown(Key.UP)) { //ubah nilai variable melompat menjadi true melompat = true; } //jika tombol a pada keyboard ditekan dan movie clip ini berada di frame 1 if (Key.isDown(65) && this._currentframe == 1) { //mainkan frame berlabel kanan pada movie clip ini this.gotoAndPlay("kanan"); } //jika tombol s pada keyboard ditekan dan movie clip ini berada di frame 1 if (Key.isDown(83) && this._currentframe == 1) { //mainkan frame berlabel kiri pada movie clip ini this.gotoAndPlay("kiri"); } //jika variable melompat bernilai true if (melompat) { //koordinat y movie clip ini dikurangi nilai variable loncatan this._y -= loncatan; //nilai variable loncatan di kurangi nilai variable gravitasi loncatan -= gravitasi; //jika koordinat y movie clip ini lebih dari nilai variable batasAtas if (this._y>batasAtas) { //nilai variable melompat diubah menjadi false melompat = false; //nilai variable loncatan diubah menjadi 30 kembali loncatan = 30; } } }; |
28. Script diatas hanya berlaku jika panjang dan lebar movie clip adalah 73.8 dan 70.5 serta terletak di koordinat 139.2 untuk koordinat y nya. Jika panjang, lebar serta koordinat y movie clip anda berbeda maka anda cukup mengubah nilai dari variable loncatan, gravitasi, batasAtas. Ubah nilainya sampai gerakan movie clip yang dimainkan sesuai dengan keinginan anda.
30. Jika sudah tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya