Cari Blog Ini

Poinha Meishu Family

Powered By Blogger

Rabu, 11 Mei 2011

Dasar Game Fighting

Kali ini kita akan membuat sebuah karakter yang dapat melompat, bergerak ke kanan ke kiri, dan juga memukul. Tutorial ini cocok untuk anda yang mau membuat game fighting. Tutorial di bawah ini hanya bentuk dasarnya saja. Anda dapat mengubah karakter ataupun scriptnya sehingga menjadi lebih bagus
Membuat Badan
1. Buatlah sebuah lingkaran (digunakan sebagai badan). Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukkan pemain sebagai Name dan Movie clip sebagai Type lalu tekan OK.
badan
Lingkaran yang berfungsi sebagai badan
2. Seleksi movie clip pemain tadi dan tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel properties. Masukkan pemain sebagi Instance Name di panel properties.
3. Klik 2 kali movie clip pemain untuk masuk ke dalam stagenya. Ubah nama layer yang memuat lingkaran menjadi badan.
4. Klik tombol Insert Layer di timeline sebanyak 4 kali sehingga di timeline movie clip pemain jumlah layernya menjadi 5.
5. Ubah nama-nama layer selain layer badan menjadi AS, label, tangan kanan, tangan kiri.
6. Ubah letak masing-masing layer menjadi seperti gambar di bawah ini:
timeline
Tampilan timeline di movie clip pemain
7. Klik kanan frame 12 layer badan dan pilih Insert Frame
Membuat Label
8. Klik kanan frame 2 layer label dan pilih Insert Blank Keyframe. Seleksi frame 2 layer label ini dan tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel properties. Masukkan kanan sebagai Frame Label pada panel properties.
9. Klik kanan frame 8 layer label dan pilih Insert Blank Keyframe. Seleksi frame 8 layer label ini dan tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel properties. Masukkan kiri sebagai Frame Label pada panel properties.
10. Klik kanan frame 12 layer label dan pilih Insert Frame.
Membuat Tangan Kanan
11. Klik frame 1 layer tangan kanan agar anda aktif di layer tersebut, lalu buatlah sebuah lingkaran kecil (digunakan sebagai tangan) di stage. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Masukkan tangan sebagai Name dan Movie clip sebagai Type dan tekan OK.
tangan
Lingkaran yang berfungsi sebagai tangan
12. Letakkan movie clip tersebut seperti gambar di bawah ini:
tangankanan1
Letak tangan kanan pertama
13. Klik kanan frame 2 layer tangan kanan dan pilih Insert Keyframe.
14. Klik kanan frame 8 layer tangan kanan dan pilih Insert Keyframe.
15. Klik kanan frame 7 layer tangan kanan dan pilih Insert Keyframe. Ubah letak movie clip di frame 7 layer tangan kanan seperti gambar di bawah ini :
tangankanan2
Letak tangan kanan kedua
16. Klik kanan frame 2 layer tangan kanan dan pilih Create Motion Tween.
17. Klik kanan frame 12 layer tangan kanan dan pilih Insert Frame.
Membuat Tangan Kiri
18. Klik frame 1 layer tangan kiri agar anda aktif di layer tersebut, lalu bukalah panel Library dengan menekan Ctrl+L. Drag movie clip tangan di panel Library ke stage.
19. Ubah bentuknya lebih kecil dari movie clip tangan di layer tangan kanan dan latakan seperti pada gambar di bawah ini :
tangankiri1
Letak tangan kiri pertama
20. Klik kanan frame 2 layer tangan kiri dan pilih Insert Keyframe.
21. Klik kanan frame 8 layer tangan kiri dan pilih Insert Keyframe.
22. Klik kanan frame 12 layer tangan kiri dan pilih Insert Keyframe. Ubah letak movie clip di frame 12 layer tangan kiri seperti gamabr di bawah ini :
tangankiri2
Letak tangan kiri kedua
23. Klik kanan frame 8 dan pilih Create Motion Tween.
Membuat Scriptnya
24. Klik frame 1 layer AS dan tekan F9. Pada kotak actions yang muncul masukkan script berikut:
1
2
//hentikan animasi di frame ini
stop();
25. Klik kanan frame 7 layer AS dan tekan F9. Pada kotak actions yang muncul masukkan script berikut:
1
2
//pindah ke frame 1
gotoAndStop(1);
26. Klik kanan frame 12 layer AS dan tekan F9. Pada kotak actions yang muncul masukkan script berikut:
1
2
//pindah ke frame 1
gotoAndStop(1);
27. Tekan Ctrl+Enter untuk kembali ke stage scene 1. Klik frame 1 dan dan tekan F9. Pada kotak actions yang muncul masukkan script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
//membuat variable melompat dengan nilai false
melompat = false;
//membuat variable loncatan dengan nilai 30
loncatan = 30;
//membuat variable gravitasi dengan nilai 6
gravitasi = 6;
//membuat variable batasAtas dengan nilai 150
batasAtas = 150;
pemain.onEnterFrame = function() {
 //jika tombol panah kanan pada keyboard ditekan
 if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
  //skala movie clip ini bernilai 100
  this._xscale = 100;
  //koordinat x movie clip ini ditambah 10 (bergerak ke kanan)
  this._x += 10;
 }
 //jika tombol panah kiri pada keyboard ditekan
 if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
  //skala movie clip ini bernilai -100
  this._xscale = -100;
  //koordinat x movie clip ini dikurangi 10 (bergerak ke kiri)
  this._x -= 10;
 }
 //jika tombol panah atas pada keyboard ditekan
 if (Key.isDown(Key.UP)) {
  //ubah nilai variable melompat menjadi true
  melompat = true;
 }
 //jika tombol a pada keyboard ditekan dan movie clip ini berada di frame 1
 if (Key.isDown(65) && this._currentframe == 1) {
  //mainkan frame berlabel kanan pada movie clip ini
  this.gotoAndPlay("kanan");
 }
 //jika tombol s pada keyboard ditekan dan movie clip ini berada di frame 1
 if (Key.isDown(83) && this._currentframe == 1) {
  //mainkan frame berlabel kiri pada movie clip ini
  this.gotoAndPlay("kiri");
 }
 //jika variable melompat bernilai true
 if (melompat) {
  //koordinat y movie clip ini dikurangi nilai variable loncatan
  this._y -= loncatan;
  //nilai variable loncatan di kurangi nilai variable gravitasi
  loncatan -= gravitasi;
  //jika koordinat y movie clip ini lebih dari nilai variable batasAtas
  if (this._y>batasAtas) {
   //nilai variable melompat diubah menjadi false
   melompat = false;
   //nilai variable loncatan diubah menjadi 30 kembali
   loncatan = 30;
  }
 }
};
28. Script diatas hanya berlaku jika panjang dan lebar movie clip adalah 73.8 dan 70.5 serta terletak di koordinat 139.2 untuk koordinat y nya. Jika panjang, lebar serta koordinat y movie clip anda berbeda maka anda cukup mengubah nilai dari variable loncatan, gravitasi, batasAtas. Ubah nilainya sampai gerakan movie clip yang dimainkan sesuai dengan keinginan anda.
29. Sebagai tambahan buatlah sebuah persegi panjang (digunakan sebagai lantai/tanah) dan tempatkan di bawah kaki pemain.
30. Jika sudah tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

chat

Pengikut